Berita


Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 3 Surabaya Ikuti LDKS, Bertadabbur Alam hingga Ketinggian 1305 MDPL

SMA Muhammadiyah 3 (Smamga) Surabaya kembali mengadakan kegiatan Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa (LDKS) di luar lingkungan sekolah pada tanggal 28-30 September 2023 di Villa Padma, Desa Claket, Kecamatan Pacet, Kota Mojokerto.

Sebanyak 103 siswa kelas 10 sangat antusias mengikuti LDKS ini. Pengurus IPM Smamga dan bapak/ibu guru turut mendampingi kegiatan ini bersama-sama menaiki truk TNI sebagai alat transportasi untuk menuju tempat berlangsungnya LDKS.

Ketua Panitia LDKS Smamga, Sumaryanto, S.Pd. Gr mengatakan bahwa peserta LDKS selama 3 hari tidak diperbolehkan untuk menggunakan gawai guna untuk mewujudkan pelajar Smamga yang mandiri dan fokus dalam pelaksanaan rangkaian kegiatan.
Uniknya, pada kegiatan LDKS tahun ini para siswa diajak untuk bertadabbur alam hingga ketinggian 1305 MDPL dengan mendaki ke Puncak Puthuk Kentongan.

“Tahun ini mungkin bisa dibilang kali pertama LDKS Smamga pesertanya melakukan kegiatan tadabbur alam di pagi hari dengan mendaki di Puthuk Kentongan hingga menuju puncaknya dengan ketinggian 1305 MDPL,” papar Sumaryanto, yang juga menjabat sebagai Waka Kesiswaan.


Sumaryanto menambahkan, kegiatan LDKS kali ini juga mengajarkan kemandirian dan kedisiplinan yang bisa diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan begitu para siswa akan menjadi unggul tidak hanya dalam bidak akademik tetapi juga mengasah life skill. Namun, semua kegiatan tersebut dikemas dengan apik sehingga para siswa tetap terhibur dan gembira dalam mengikuti setiap program LDKS yang berlangsung selama tiga hari. “Insyaallah kegiatan LDKS kali ini akan memberikan nilai tambah kedalam diri para siswa sehingga siap menghadapi segala tantangan yang ada kedepan nantinya,” imbuhnya.

Sementara itu, Marsha, salah satu peserta LDKS dari kelas X-3 mengatakan bahwa dirinya mendapatkan banyak sekali ilmu yang bermanfaat selama mengikuti kegiatan LDKS. Salah satu kegiatan yang paling berkesan menurutnya adalah ketika diajak mendaki untuk tadabbur alam. Pasalnya, hal tersebut mengajarkan dirinya untuk bersyukur atas segala ciptaan Allah SWT.

“Perasaan aku selama kegiatan LDKS ini pastinya excited banget dan feeling good karena aku selalu penasaran sama kegiatan seru apa selanjutnya. Bahkan, puncaknya bisa mendapat pengalaman pertama bisa mendaki yang dari dulu aku inginkan dan penasaran buat aku lakukan apalagi bareng sama teman-teman,” katanya.


Selain itu, Kepala SMA Muhammadiyah 3 Surabaya, Erlina Wulandari, S.Pd. juga turut ikut dalam kegiatan mendaki tersebut bersama-sama dengan siswa. Dia merasa sangat bangga sekali dengan peserta LDKS yang mampu menuntaskan perjalanan tadabbur alam mereka hingga puncak.

“Alhamdulillah tahun ini karena kerja cerdas teman-teman guru dan bersama anak-anak IPM bisa menjalani LDKS selama 3 hari ini dengan luar biasa. Peserta LDKS juga bahkan yang tidak saya duga ternyata semuanya mampu mencapai puncak Puthuk Kentongan dan tidak ada satu siswa pun yang tumbang,” ujarnya.

“Mereka juga sempat bercerita ke saya bahwa mereka merasa tadabbur alam dengan mendaki ini akhirnya membuat mereka mampu melihat langsung keindahan ciptaan Allah yang selama ini belum pernah mereka rasakan,” pungkas Erlina Wulandari, S.Pd. (lina)

Sumber : majalahnurani.com

PPDB ONLINE

PENGUMUMAN UN

Banner

Kontak

Alamat :

JL. GADUNG III/7 SURABAYA

Telepon :

031-8415280

Email :

smam3.surabaya@gmail.com

Website :

http://smamgasby.sch.id

Media Sosial :

Berita Terbaru