NEWS UPDATE :  

Berita

Belajar Ilmu Jurnalistik Langsung Pada Ahlinya

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi saat ini terutama pada dunia pemberitaan baik dimedia cetak, elektronik dan media sosial, dimana setiap kejadian atau peristiwa menjadi sebuah berita yang selalu hangat dan asyik diperbincangkan di masyarakat, maka kita perlu belajar mengolah berita yang baik agar bisa dinikmati oleh pembacanya, oleh karena itu bidang humas SMA Muhammadiyah 3 Surabaya (SMAMGA) Ust. Nafi'udin, S.HI mengadakan workshop jurnalistik yang diikuti oleh semua Guru dan Karyawan SMA Muhammadiyah 3 Surabaya serta beberapa perwakilan guru dari Lembaga Pendidikan yang ada di lingkungan Majelis Dikdasmen PCM Wonokromo.

Kegiatan workshop ini berlangsung pada hari sabtu, 25/02/2023 dari pukul 08.00 WIB sampai selesai yang bertempat di Gedung Lantai 3 SMA Muhammadiyah 3 Surabaya yang beralamat di Jalan Gadung III/7 Surabaya.

Pada kegiatan workshop kali ini yang bertindak sebagai narasumber adalah Bapak Mohammad Nurfatoni, beliau adalah Pemimpin Redaksi PWMU.CO yang merupakan salah satu berita online terbaik milik Persyarikatan Muhammadiyah Jawa Timur yang memiliki ribuan pembaca tiap harinya.


Adapun materi yg disampaikan adalah bagaimana cara menyajikan berita yang baik dan benar, mulai dari kenapa kita menulis, peristiwa apa, kapan terjadinya dan siapa saja yang terlibat pada peristiwa itu. Penyajian materi yang disampaikan oleh beliau sangat menyenangkan dimana para peserta workshop tidak bosan untuk menyimaknya karena dibuat seinteraktif mungkin dengan peserta.

Sebelum workshop dimulai para peserta dibuatkan grup whatsapp terlebih dahulu, hal ini bertujuan agar  memudahkan dalam membagikan materi yang disampaikan, selain itu grup whatsapp ini juga digunakan sebagai wadah bagi para peserta untuk membagikan hasil praktek membuat berita yang nantinya dinilai langsung oleh Bapak Muhammad Nurfatoni selaku narasumber, Adapun  peserta yang dinilai bagus dalam membuat tugas maka diberikan reward atau hadiah berupa buku oleh beliau.

Tujuan dari dilaksanakannya kegiatan workshop ini adalah selain menambah wawasan dan ilmu baru dunia jurnalistik juga diharapkan bisa menambah nilai bagi lembaga pendidikan sehingga prestige lembaga akan semakin tinggi. (cakluk).