NEWS UPDATE :  

Berita

Bangun Jiwa Teamwork dan Leadership Siswa Smamga Melalui LDKS

Kegiatan latihan dasar kepemimpinan siswa (LDKS) SMA Muhammadiyah 3 Surabaya kembali diadakan di luar lingkungan sekolah selama 3 hari mulai tanggal 29 September-1 Oktober 2022 di Villa Fatma, Pacet, Kota Mojokerto. LDKS pada tahun ini diikuti sebanyak 116 siswa kelas 10. Bapak/Ibu Guru, pengurus IPM, dan pengurus HW menjadi pemandu jalannya pelaksanaan pelatihan tersebut. Hal tersebut sebagai upaya untuk mewujudkan jiwa kepemimpinan yang ada pada diri siswa masing-masing.

Ketua Panitia kegiatan LDKS tahun ini, Ratna Yuliachiri, S.Pd. dalam sambutannya mengatakan dengan diadakannya acara Latihan Dasar Kepemimpinan Siswa, para siswa mampu membangun jiwa kepemimpinan dan kerjasama tim yang baik dengan teman-teman sebayanya.



"LDKS ini ada karena untuk melatih kalian yaitu siswa siswi agar bisa menjadi pemimpin mandiri, bertanggung jawab, berdedikasi serta membentuk karakter islami yang kuat. Terutama untuk membangun teamwork antar siswa kelas 10 supaya memiliki rasa saling memiliki dan saling menjaga satu sama lain," ujarnya.

Selain itu, ketua IPM SMA Muhammadiyah 3 Surabaya, Aufa Zulham yang juga menjadi pemimpin bagi adik-adik tingkatnya dalam kegiatan LDKS ini menjelaskan bahwa sangat dibutuhkan kegiatan LDKS di luar lingkungan sekolah sebagai cara mencetak karakter pemimpin penerus kader-kader Muhammadiyah.

"Kegiatan seperti ini merupakan salah satu tahapan untuk menciptakan kader muhammadiyah yang memiliki jiwa kepimimpinan dan tanggung jawab. Kami berharap setelah diadakannya LDKS ini dapat mencetak kader kader yang berkualitas dan bermanfaat bagi lingkungan disekitarnya, jelas Aufa.



Para peserta LDKS juga merasa sangat senang sekali dengan kegiatan LDKS tahun ini karena mereka merasa mendapatkan banyak sekali pembelajaran, ilmu, pengalaman yang diraih dari kegiatan LDKS tahun ini. Salah satunya M. Rafi'i Husein, siswa kelas X-1.

"Kesannya tuh seru sekali sekaligus menyenangkan, kita di sini belajar bersama untuk menjadi pribadi yang lebih disiplin dan kita di sini juga melatih kekompakan antar teman dengan banyak fun game yang kita jalani," pungkasnya.

Dia juga berharap bahwa setelah mengikuti LDKS ini dirinya dan teman-teman yang lain menjadi terbiasa untuk hidup lebih disiplin, bertanggung jawab, dan menjadi lebih akrab dengan teman satu sama lain.

(Dyn)