NEWS UPDATE :  

Berita

Konseling Online

Pendidikan dimasa pandemi menuntut tenaga pendidik untuk melakukan inovasi terhadap kegiatan pembelajaran yang dilakukan. Pembelajaran berbasis online harus dapat dikemas dengan menyenangkan dan sebaik mungkin agar pelaksanaan kegiatan pembelajaran dapat berjalan lancar. Hal itu juga berlaku pada kegiatan bimbingan konseling yang dilakukan oleh guru BK.

Untuk merespon hal tersebut SMA Muhammadiyah 3 Surabaya telah membuat program berupa konseling online. Hal ini bertujuan untuk memfasilitasi siswa agar tetap mendapatkan layanan konseling dimana pun ia berada, terlebih disaat masa pandemi yang tidak memungkinkan untuk bertatap muka secara langsung.

Program ini memang hanya diberikan untuk siswa SMA Muhammadiyah 3 saja. Adapun teknis pelaksanaannya terlebih dahulu siswa diminta untuk mengunjungi laman yang sudah sudah disediakan, selanjutnya siswa diminta untuk mengisi identitas diri berupa nama, kelas, nomor HP. Setelah itu siswa menuliskan gambaran singkat permasalahan yang dialaminya dan  memilih guru BK yang diinginkan.

Tahap selanjutnya guru BK akan mengubungi siswa tersebut untuk membuat kontrak untuk menentukan waktu dan media yang akan dipakai untuk melakukan kegiatan konseling. Siswa dapat memilih media yang diinginkannya seperti vidio call, voice call, chat, atau media yang lain.
Adanya program ini diharapkan dapat membantu permasalahan yang dialami oleh siswa. Walaupun tidak bertatap muka secara langsung guru BK berusaha untuk tetap membimbing siswanya agar menjadi pribadi yang islami dan mandiri. (ags)