NEWS UPDATE :  

Berita

Raih Prestasi Membanggakan, Siswa SMAMGA Juara Kompetisi Essay Tingkat Internasional

Siswa SMA Muhammadiyah 3 (SMAMGA) Surabaya, Jovanka Zahra Aulia Rahmat berhasil menjuarai kompetisi tingkat Internasional yang dinaungi oleh ACCESS Indonesia dalam ajang International World Competition 2021. Hebatnya, Jovanka berhasil memperoleh juara pertama dalam kategori Essay Competition dan telah mengalahkan puluhan peserta yang menjadi perwakilan dari berbagai negara.

Kepala SMA Muhammadiyah 3 Surabaya, Erlina Wulandari mengaku sangat bangga dengan prestasi yang sudah ditorehkan oleh anak asuhnya tersebut. Karena di tengah situasi pandemi yang belum berakhir saat ini, siswa SMAMGA masih bersemangat untuk mengikuti lomba, apalagi lomba tingkat internasional.

Lomba tersebut diadakan mulai tanggal 2-3 November 2021 di kantor ACCESS Indonesia yang berada di Universitas Negeri Surabaya. Dalam kompetisi yang diikuti oleh puluhan peserta dari beberapa negara tersebut, setiap peserta diwajibkan untuk melakukan karantina terlebih dahulu selama 7 Hari. Selama proses karantina, para peserta diberikan arahan dan bimbingan mengenai pelaksanaan lomba karena lomba diadakan secara offline di kantor ACCES Indonesia.

Hasilnya, Jovanka berhasil meraih juara pertama dan mendapatkan nilai yang hampir sempurna. Dirinya mencatat nilai 3,92 dari total nilai 4,00. Beberapa reward telah didapatkan Jovanka karena berhasil menjuarai lomba, yaitu mendapat privilege untuk Gala Dinner khusus bersama kedutaan besar New Zealand untuk Indonesia, jalan-jalan ke Singapore selama 4 hari, uang tunai, dan beasiswa pendidikan.

Sementara, Jovanka Zahra mengaku tidak menyangka dapat menjuarai kompetisi essay tingkat internasional karena melihat para pesaingnya dari berbagai negara.

“Awalnya saya kurang percaya diri karena lawan-lawan yang saya hadapi sudah terbiasa menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa keseharian sedangkan saya tidak seberapa. Tapi ya saya percaya diri saja dan fokus untuk menyelesaikan lomba dan Alhamdulillah bisa menjadi juara”, Ujar Jovanka, menjelaskan.

Jovanka berharap bahwa siswa lainnya juga mampu untuk tetap produktif mengikuti banyak perlombaan yang sesuai dengan bakat yang dimiliki di tengah pandemi saat ini. Sebab, sebagai generasi penerus bangsa di era saat ini sangat penting untuk mampu berprestasi dan turut andil memajukan pendidikan di Indonesia.

Naskah: M. Dyan Febriawan
Foto: Lukman