NEWS UPDATE :  

Berita

MPLS 2020 dengan Konsep New Normal

Tahun ajaran baru kali ini sedikit berbeda dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Pasalnya, pelaksanaan tahun ajaran baru dilaksanakan di tengah situasi pandemi Covid-19 yang masih melanda di negeri ini. Dampak yang terjadi juga dialami kota Surabaya yang masih menjadi wilayah zona merah dalam penularan wabah corona. Hal tersebut berdampak pada kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) siswa baru.


Pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan MPLS dilaksanakan dengan cara yang meriah dan mengenalkan lingkungan sekolah secara detail, namun tahun ini dilakukan dengan sedikit waktu yang terbatas. MPLS yang dilaksanakan di Smamga Surabaya tahun ini dilaksanakan selama 3 hari mulai tanggal 13-15 Juli 2020 dengan dua tahap yaitu secara luring (offline) dan daring (online).


Dalam pelaksanaan MPLS luring, siswa baru diberlakukan datang ke sekolah secara bergantian. Kepala Sekolah Smamga, Erlina Wulandari mengatakan bahwa setiap harinya siswa yang hadir dibatasi hanya 40-50 orang supaya tetap menjalankan protokol kesehatan. Selain membatasi siswa yang hadir ke sekolah, Smamga juga telah melaksanakan protokol kesehatan yang sesuai standar yang telah ditentukan, yaitu dengan menyediakan tempat cuci tangan di depan pintu gerbang, menyediakan hand sanitizer di setiap ruang yang ada, memberikan alat pelindung wajah (face shield) bagi siswa yang hadir, dan mewajibkan setiap siswa untuk membawa masker dari rumah. 


MPLS secara luring diadakan di Aula lantai 3 hanya selama 1 jam mulai pukul 10.00-11.00 WIB. Selain itu, dalam pelaksanaan MPLS daring siswa baru dipandu oleh pengurus IPM melalui aplikasi zoom. Walaupun dilakukan secara daring, tampak antusiasme dari para siswa baru tetap terjaga dan menyimak setiap materi yang diberikan dengan baik. (dyn)