Smamga Menjadi Tempat Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mind Mapping pada Era Pembelajaran Jarak Jauh
Keterbatasan
penggunaan media pembelajaran di era pembelajaran jarak jauh membuat sekolah
perlu mengoptimalkan setiap materi dengan adanya alternatif pengembangan untuk
mewakili kegiatan evaluasi diri, skema hitung rumus, dan bentuk proyeksi kurva.
Keterbacaan dari fenomena inilah yang ditangkap oleh Devangga Putra
Adhitya Pratama, M.Pd sebagai guru ekonomi di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya.
Bapak Devangga mengisyaratkan adanya penerapan media yang mungkin dapat
dikembangkan secara efektif guna menjembatani skema belajar peserta didik di
SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Selain itu, guru juga dapat membuka peluang bagi peserta
didik untuk belajar secara mandiri (tak terbatas ruang dan waktu) untuk
memahami materi.
Kemunculan
pengembangan media mind mapping ekonomi versi offline dekstop di
era pembelajaran jarak jauh menyandang tujuan: 1) untuk menganalisis kelayakan
media pembelajaran interaktif berbasis mind mapping; 2) untuk
menganalisis struktur kepraktisan; 3) untuk menganalisis mengukur seberapa
besar signifikan yang muncul atas perubahan hasil belajar peserta didik sebelum
dan sesudah dikenai media yang telah dikembangkan; 4) untuk menganalilsis
analisis terkait dengan mengukur tanggapan, reaksi, dan dampak yang dirasakan
pasca menggunakan media pengembang. Ketercapaian
yang menjadi target pengembangan media pembelajaran ini adalah tawaran sistematika
interaktif yang dapat menarik minat belajar peserta didik khususnya dalam skema
materi konsep, kurva, dan rumus-rumus perhitungan.
Gambar
1. Tampilan Menu Belajar Rumus dan Kurva
Setelah
media selesai dikembangkan dan dinyatakan valid oleh para ahli. Tahap
uji coba media dilakukan untuk menganalisis seberapa jauh media dikatakan
efektif. Pengujian terbatas pada masing-masing 20 peserta didik
kelas X IPS 1 dan X IPS 2 yang ada di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Peneliti
dalam mengumpulkan data memakai metode dokumentasi, wawancara, lembar telaah
dan validasi ahli, serta angket. Adopsi tahapan 4D (define, design, develop,
dessiminate) merupakan metode yang digunakan untuk mengembangkan produk
pada penelitian ini dengan luaran aplikasi berformat .EXE (ekstensi file) yang
sesuai dengan penggunaan pada komputer sistem windows.
Tabel
1. Rekapitulasi Uji Independent Sampel T-Test dari Hasil Pretest dan Posttest
Merujuk pada tabel 1., hasil penerapan media yang dikembangkan mendapat hasil rekapitulasi uji independent sampel t-test dari nilai pretest-posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rincian hasil uji menunjukkan adanya besaran signifikansi 0,000 < 0,05 pada nilai pretest-posttest di kelas eksperimen. Sehingga terdapat temuan penerapan media mind mapping ekonomi efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik saat dipakai dalam pembelajaran materi keseimbangan pasar dan struktur pasar di kelas. Sehingga media pembelajaran interaktif berbasis mind mapping layak sebagai penunjang pemahaman peserta didik dan diterapkan di era pembelajaran jarak jauh. (dev)