Berita


Smamga Menjadi Tempat Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Mind Mapping pada Era Pembelajaran Jarak Jauh

Keterbatasan penggunaan media pembelajaran di era pembelajaran jarak jauh membuat sekolah perlu mengoptimalkan setiap materi dengan adanya alternatif pengembangan untuk mewakili kegiatan evaluasi diri, skema hitung rumus, dan bentuk proyeksi kurva. Keterbacaan dari fenomena inilah yang ditangkap oleh Devangga Putra Adhitya Pratama, M.Pd sebagai guru ekonomi di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Bapak Devangga mengisyaratkan adanya penerapan media yang mungkin dapat dikembangkan secara efektif guna menjembatani skema belajar peserta didik di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Selain itu, guru juga dapat membuka peluang bagi peserta didik untuk belajar secara mandiri (tak terbatas ruang dan waktu) untuk memahami materi.

Kemunculan pengembangan media mind mapping ekonomi versi offline dekstop di era pembelajaran jarak jauh menyandang tujuan: 1) untuk menganalisis kelayakan media pembelajaran interaktif berbasis mind mapping; 2) untuk menganalisis struktur kepraktisan; 3) untuk menganalisis mengukur seberapa besar signifikan yang muncul atas perubahan hasil belajar peserta didik sebelum dan sesudah dikenai media yang telah dikembangkan; 4) untuk menganalilsis analisis terkait dengan mengukur tanggapan, reaksi, dan dampak yang dirasakan pasca menggunakan media pengembang. Ketercapaian yang menjadi target pengembangan media pembelajaran ini adalah tawaran sistematika interaktif yang dapat menarik minat belajar peserta didik khususnya dalam skema materi konsep, kurva, dan rumus-rumus perhitungan.

 

Gambar 1. Tampilan Menu Belajar Rumus dan Kurva

Setelah media selesai dikembangkan dan dinyatakan valid oleh para ahli. Tahap uji coba media dilakukan untuk menganalisis seberapa jauh media dikatakan efektif. Pengujian terbatas pada masing-masing 20 peserta didik kelas X IPS 1 dan X IPS 2 yang ada di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya. Peneliti dalam mengumpulkan data memakai metode dokumentasi, wawancara, lembar telaah dan validasi ahli, serta angket. Adopsi tahapan 4D (define, design, develop, dessiminate) merupakan metode yang digunakan untuk mengembangkan produk pada penelitian ini dengan luaran aplikasi berformat .EXE (ekstensi file) yang sesuai dengan penggunaan pada komputer sistem windows.

Tabel 1. Rekapitulasi Uji Independent Sampel T-Test dari Hasil Pretest dan Posttest

 

Merujuk pada tabel 1., hasil penerapan media yang dikembangkan mendapat hasil rekapitulasi uji independent sampel t-test dari nilai pretest-posttest di kelas eksperimen dan kelas kontrol. Rincian hasil uji menunjukkan adanya besaran signifikansi 0,000 < 0,05 pada nilai pretest-posttest di kelas eksperimen. Sehingga terdapat temuan penerapan media mind mapping ekonomi efektif untuk meningkatkan pemahaman peserta didik saat dipakai dalam pembelajaran materi keseimbangan pasar dan struktur pasar di kelas. Sehingga media pembelajaran interaktif berbasis mind mapping layak sebagai penunjang pemahaman peserta didik dan diterapkan di era pembelajaran jarak jauh. (dev)

Sumber: Pratama, D.P.A., Sakti, N.C., & Listiadi, A.

PPDB ONLINE

PENGUMUMAN UN

Banner

Kontak

Alamat :

JL. GADUNG III/7 SURABAYA

Telepon :

031-8415280

Email :

smam3.surabaya@gmail.com

Website :

http://smamgasby.sch.id

Media Sosial :

Berita Terbaru