NEWS UPDATE :  

Berita

STEP BY STEP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS

STEP BY STEP IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA

DI JENJANG SEKOLAH MENENGAH ATAS

By: Sumaryanto

Email : soemarjantu84@gmail.com


Latar Belakang

Pada tahun ajaran baru 2022/2023 satuan pendidikan di Indonesia sekitar 3500 an Sekolah akan mulai melakukan implementasi Kurikulum Merdeka. Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) mengeluarkan kebijakan dalam pengembangan Kurikulum Merdeka yang diberikan kepada satuan pendidikan sebagai opsi tambahan dalam rangka melakukan pemulihan pembelajaran selama 2022-2024. Kebijakan Kemendikburistek terkait kurikulum nasional akan dikaji ulang pada 2024 berdasarkan evaluasi selama masa pemulihan pembelajaran. Pada masa sebelum dan pandemi, Kemendikburistek mengeluarkan kebijakan penggunaan Kurikulum 2013 kemudian Kurikulum 2013 disederhanakan menjadi kurikulum darurat yang memberikan kemudahan bagi satuan pendidikan dalam mengelola pembelajaran jadi lebih mudah dengan substansi materi yang esensial. Kurikulum Merdeka di SP/SMK-PK menjadi angin segar dalam upaya perbaikan dan pemulihan pembelajaran yang diluncurkan pertama kali tahun 2021. Tahun 2024 menjadi penentuan kebijakan kurikulum nasional berdasarkan evaluasi terhadap kurikulum pada masa pemulihan pembelajaran. Evaluasi ini menjadi acuan Kemendikburistek dalam mengambil kebijakan lanjutan pasca pemulihan pembelajaran.


Pembahasan

1.      Tahapan Implementasi Kurikulum Merdeka (IKM)

Kondisi pandemi covid-19 memang masih menjadi kendala dalam pelaksanaan proses pembelajaran, sehingga pembelajaran tidak maksimal. Pada saat pandemi covid-19 Kemendikburistek mengeluarkan kebijakan untuk sekolah mengenai penggunaan kurikulum 2013, kurikulum darurat, dan kurikulum merdeka di sekolah penggerak (SP) dan SMK Pusat Keunggulan (PK). Kurikulum merdeka ini sebenarnya menjadi upaya perbaikan dan pemulihan pembelajaran sejak diluncurkan pertama kali di tahun 2021.

Kurikulum merdeka tidak dilaksanakan langsung secara serentak akan tetapi masih diberikan keleluasan bagi setiap satuan pendidikan. Hal ini sesuai dengan kebijakan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikburistek) dalam hal pengimplementasian kurikulum merdeka. Perlu diketahui untuk data sekolah yang mendaftar mandiri hingga saat ini total 3854 sekolah. Bagi sekolah yang siap mengimplementasikan kurikulum merdeka maka bisa melakukan pendaftaran.



2.      

Strategi Implementasi Kurikulum Merdeka

Ada beberapa strategi implementasi kurikulum merdeka jalur mandiri yang akan dijadikan tindak lanjut dari kebijakan Kemendikburistek. Strategi implementasi kurikulum merdeka akan dicoba dengan melakukan pendataan yang kemudian akan menjadi landasan penerapan kurikulum merdeka ke depannya.

Strategi pertama, Rute Adopsi Kurikulum Merdeka Secara Bertahap, pendekatan strategi ini adalah bagaimana memfasilitasi satuan pendidikan mengenali kesiapan dari guru, tenaga kependidikan, dan lain sebagainya sebagai dasar menentukan pilihan implementasi kurikulum merdeka serta memberikan umpan balik berkala sekitar 3 (tiga) bulanan untuk memetakan kebutuhan penyesuaian dukungan implementasi kurikulum merdeka dari pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Dengan kata lain, pelaksanaan implementasi kurikulum merdeka ini dilakukan secara bertahap dengan menyesuaikan kebutuhan. Semakin sesuai dengan kebutuhan maka akan semakin mudah dalam pengimplementasian kurikulum merdeka.

Strategi kedua, Menyediakan Asesmen & Perangkat Ajar, pendekatan strategi ini menggunakan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang berfungsi dalam menyediakan beragam pilihan asesmen dan perangkat ajar seperti buku teks, modul ajar, contohnya yaitu projek dan kurikulum dalam bentuk digital yang dapat digunakan satuan pendidikan dalam melakukan pembelajaran berdasarkan kurikulum merdeka. Jadi, satuan pendidikan akan mendapatkan sumber perangkat ajar dalam bentuk digital yang nantinya memudahkan pengimplementasian kurikulum.

Strategi ketiga, Menyediakan Pelatihan Mandiri dan Sumber Belajar Guru, pendekatan strategi ini juga menggunakan teknologi informasi dan komunikasi yang berfungsi dalam melakukan pelatihan mandiri kurikulum merdeka yang dapat diakses secara daring atau online oleh guru dan tenaga kependidikan untuk memudahkan adopsi kurikulum merdeka disertai sumber belajar atau modul ajar dalam bentuk video, podcast, atau ebook yang bisa diakses daring dan didistribusikan melalui media penyimpanan.

Strategi keempat, Menyediakan Konsultan Pendidikan Kurikulum Merdeka, pendekatan ini digunakan dalam menyediakan narasumber kurikulum merdeka dari Sekolah Penggerak (SP) atau Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan (SMK-PK) yang telah mengimplementasikan kurikulum merdeka. Bagi sekolah tersebut akan memberikan pengalamnnya melalui webinar atau pertemuan luring yang diadakan pemerintah daerah atau satuan pendidikan. Pertemuan luring bisa dilakukan dalam bentuk seminar, workshop dan lainnya yang di lakukan di daerah maupun satuan pendidikan.

Strategi kelima, Memfasilitasi Pengembangan Komunitas Belajar, Komunitas belajar dibentuk oleh lulusan guru penggerak maupun oleh pengawas sekolah sebagai wadah saling berbagi praktik maupun berbagi konten mengenai kurikulum merdeka di internal satuan pendidikan maupun lintas satuan pendidikan.

Demikian tadi tahapan dan implementasi dari kurikulum merdeka. Kurikulum merdeka tidak bersifat pemaksaan namun kurikulum merdeka di tahun 2024 ditargetkan akan menjadi kurikulum nasional. Artinya masih ada waktu untuk setiap sekolah belajar mengenai kurikulum merdeka secara lebih detail. Agar bisa mengimplementasikan kurikulum merdeka.

3.      PLAT FORM MERDEKA BELAJAR

Platform Merdeka Mengajar adalah platform teknologi yang disediakan untuk menjadi teman penggerak bagi guru dan kepala sekolah dalam mengajar, belajardan berkarya. Platform Merdeka Mengajar dibangun untuk menunjang penerapan Kurikulum Merdeka agar dapat membantu guru dalam mendapatkan referensi, inspirasi, dan pemahaman dalam menerapkan Kurikulum Merdeka.

Saat ini, tersedia lima produk yang dikelompokkan berdasarkan manfaatnya, yakni Pengembangan Guru dan Kegiatan Belajar Mengajar.

 

Produk Pengembangan Guru meliputi:

  1. Video Inspirasi, yang berisi kumpulan video inspiratif yang dibuat oleh Kemendikbudristek dan para ahli, sebagai referensi untuk meningkatkan kompetensi Anda sebagai tenaga pendidik.
  2. Pelatihan Mandiri, yang memuat berbagai materi pelatihan yang dibuat singkat, agar guru bisa melakukan pelatihan secara mandiri, kapan pun dan di mana pun.
  3. Bukti Karya, yang berfungsi sebagai tempat dokumentasi karya guru untuk menggambarkan kinerja, kompetensi, serta prestasi yang dicapai selama menjalankan profesi guru maupun kepala sekolah.

KESIMPULAN

            Langkah – langkah Implementasi Kurikulum Merdeka melalui percepatan agar seluruh harapan dari kemendikbudristek terlaksana dengan baik dan dapat di evaluasi dengan baik pada tahun 2024, sebagai acuan pelaksanaan kurikulum Nasional. Kepada bapak-ibu yang mempunyai anak usia sekolah(murid) silahkan untuk memilih dan memberikan pilihan sekolah yang terbaik. Karena saat ini seluruh sekolah akan menerapkan kurikulum merdeka dan memungkinkan akan ada sekolah yang karakteristiknya sesuai dengan karakteristik dari murid yang masuk disekolah tersebut. Semoga artikel ini dapat memberikan wawasan kepada bapak/ibu yang akan mendaftarkan putra-putrinya di sekolah dari jenjang SD,SMP-SMA/SMK.