MEMBANGUN AKHLAQUL KARIMAH GENERASI EMAS

Selasa, 16 Januari 2018, SMA Muhammadiyah 3 Surabaya menyelenggarakan Apresiasi Islam untuk seluruh siswa. Acara pembinaan Al-Islam ini dilaksanakan di Masjid Ulul Albab Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya (UINSA). Tema yang diusung kali ini "MEMBANGUN AKHLAQUL KARIMAH GENERASI EMAS" dengan motivator Drs. Lukman Chakim, MM. Dalam tausiyahnya, motivator yang aktif di berbagai pembinaan, dakwah dan pendidikan ini menyampaikan pesan agar para siswa mempersiapkan diri menghadapi era yang kompleks, baik kini maupun untuk masa depan. Drs. Lukman menyampaikan lima hal harus menjadi modal. Pertama,  aqidah yang kuat. Kedua, ibadah yang istiqomah. Ketiga, akhlaqul karimah. Keempat, penguasaan IT. Kelima, bahasa asing. Selain demi meraih sukses dunia, para siswa harus berjuang untuk meraih akhirat sebagai puncak  sukses. 
Para siswa harus menyadari tugas utamanya sebagai abdullah sekaligus sebagai khalifah atau pemimpin di bumi ini. Karena itu harus belajar dan berusaha mandiri dengan menjadikan Nabi Muhammad saw sebagai teladan dalam semua aspek kehidupan melalui empat sifat beliau : amanah, fatonah, tabligh, dan siddiq.
Acara Apresiasi Islam ini adalah acara rutin yang diselenggarakan dalam rangka mengimplementasikan materi Ismuba yang dilaksanakan setiap bulan di rumah-rumah siswa di bawah bimbingan wali kelas masing-masing.