Kegiatan Luar Sekolah, Smamga Kunjungi Pabrik Yakult

Surabaya, Pada hari Rabu (13/11/2019) SMA Muhammadiyah 3 Surabaya mengadakan serangkaian Kegiatan Luar Kelas, salah satunya ialah Kunjungan Industri. Pada tahun ini kunjungan Industri dilaksanakan di PT. Yakult Persada yang berada di Ngoro Industrial Park, Mojokerto. Kegiatan ini di ikuti oleh seluruh siswa kelas X, baik dari jurusan IPA dan IPS.

Sebelum pemberangkatan menuju lokasi, para siswa diberikan pengarahan mengenai tata tertib dan kegiatan apa saja yang harus akan dilakukan saat kunjungan industri berlangsung. Rombongan SMA Muhammadiyah 3 Surabaya berangkat pada pukul 09.00 WIB,  setelah melaksanakan sholat dhuha berjamaah.  Setelah tiba dilokasi kunjungan industri, rombongan SMAMGA menunggu antrian masuk ke dalam Pabrik. 

Sesuai dengan jadwal pukul 13.00 WIB rombongan diperbolehkan masuk oleh pengelola pabrik, dengan semangat rombongan SMAMGA yang menggunakan 3 Bus besar langsung masuk ke halaman pabrik. Rombongan SMAMGA disambut oleh Humas PT. Yakult Persada yang  sekaligus menjadi Tour Guide selama berada dikawasan Pabrik. Kunjungan industri dimulai dengan mempelajari sejarah dari Yakult, kemudian berlanjut menuju proses produksi Yakult. Proses produksi Yakult melewati beberapa tahapan, mulai dari penelitian bahan yang akan digunakan hingga proses quality control. Hal ini bertujuan agar produk yang dihasilkan steril dan mememiliki kualitas yang baik. Ujar Humas Yakult.



Setelah selesai menyusuri dan melihat proses produksi Yakult, rombongan diajak untuk masuk menuju ruang Public Relation. Di dalam ruangan tersebut siswa diberikan produk Yakult untuk di konsumsi, siswa merasa senang karena bisa merasakan produk Yakult langsung dari pabriknya. Siswa kemudian diberikan kesempatan untuk bertanya mengenai proses produksi maupun sistem yang ada di dalam pabrik, beberapa siswa bertanya mengenai proses rekrutmen karyawan dan cara mengatasi limbah yang dihasilkan setelah proses produksi. Tim Humas dari Yakult menjelaskan bahwa mereka memilih para ahli yang kompeten dibidangnya agar produk yang dihasilkan tetap terjaga kualitasnya, sedangkan untuk masalah limbah mereka bekerja sama dengan pihak ketiga.

Di akhir dari kunjungan industri yang dilakukan, pihak Yakult mengucapkan terima kasih atas kunjungan industri ke pabrik meraka. Bu Iin mewakili guru pendamping kunjungan industri  menyampaikan, Kami dari SMA Muhammadiyah 3 Surabaya mengucapkan banyak terima kasih atas ilmu dan sambutan yang sudah diberikan, serta kami juga mendoakan agar Yakult bisa lebih sukses lagi. pungkasnya. (ibl)