Tingkatkan Kreativitas Siswa Melalui Cooking Class

Surabaya, Rabu (13/11/19) SMA Muhammadiyah 3 secara serentak mengadakan Kegiatan Luar Sekolah di beberapa tempat. Salah satunya yaitu kegiatan mengunjungi pusat perbelanjaan modern, Hypermart. Sebagai salah satu pusat perbelanjaan modern terbesar di Indonesia,  Hypermart selalu memunyai daya tarik untuk dikunjungi oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hampir semua jenis bahan mentah hingga bahan siap saji tersedia di dalamnya. Hypermart yang dikunjungi oleh SMAMGA Surabaya dalam kegiatan Cooking Class kali ini yaitu Hypermart yang berada di Royal Plaza Surabaya. 

Tujuan diadakannya kegiatan Cooking Class bagi siswa kelas 11 yaitu supaya siswa mampu mengembangkan potensi dan bakatnya dalam bidang memasak. Memasak tidak hanya dilakukan oleh perempuan tetapi juga laki-laki.

Kegiatan cooking class yang dilakukan di Hypermart yaitu mempelajari cara pembuatan pizza yang sangat mudah dan sederhana. Pizza merupakan makanan asal Italia yang begitu digemari kini di Indonesia. Dengan diadakannya cooking class ini diharapkan siswa juga mampu membuat pizza sendiri di rumah dengan mudah. Siswa dibagi dalam 3 sesi dalam proses pembuatan pizza kali ini supaya lebih efektif. 

Dipandu oleh beberapa cheff yang berpengalaman dalam pembuatan pizza, para siswa secara cermat dan fokus memperhatikan cheff tersebut memaparkan bahan-bahan, cara pembuatan, dan proses pemanggangan hingga matang dan siap di makan. Para siswa tampak antusias dalam proses pembuatan pizza kali ini. Siswa laki-laki maupun perempuan saling bersaing untuk membuat pizza yang enak.


Selain kegiatan pembuatan pizza, siswa juga diajak untuk berkeliling melihat produk-produk apa saja yang tersedia dan dijual di hypermart. Mulai dari mengamati jenis-jenis sayur-sayuran, buah-buahan, ikan, dan daging yang diolah secara segar dan bersih di dalam area Hypermart. Berikutnya, siswa diajak untuk melihat gudang penyimpanan buah-buahan, es batu, dan eskrim yang berada di tempat-tempat yang berbeda dan dilakukan dengan cara manajemen yang baik dan rapi. 

Kegiatan mengelilingi seluruh tempat di dalam Hypermart tersebut diakhiri dengan penjelasan informasi mengenai bahan-bahan pembuatan pizza yang siap saji dan mudah dapat. Bahan-bahan tersebut ternyata bisa didapat juga secara mudah di Hypermart.

Kegiatan pun ditutup dengan pembagian pizza yang telah dibuat oleh masing-masing siswa sebelumnya. Tampak seluruh siswa terlihat sangat senang dan puas dengan pizza yang telah dibuat. Kegembiraan pun juga turut terpancar di wajah para guru pendamping melihat kegiatan cooking class di Hypermart yang begitu menyenangkan. (dyn)