MENGGAPAI ASA MELALUI STUDI KAMPUS

Banyaknya perguruan tinggi baik di dalam provinsi maupun di luar, menjadi motivasi para peserta didik untuk lebih selektif dalam memilih perguruan tinggi yang akan mereka masuki. Tidak sedikit dari mereka yang mengalami keraguan dalam menentukan prodi maupun perguruan tinggi yang tepat.  Keraguan tersebut terjadi dikarenakan kurangnya wawasan dan pengetahuan peserta didik  tentang perguruan tinggi.  


Studi kampus merupakan suatu program untuk mengenalkan peserta didik pada beberapa perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Kegiatan ini bertujuan agar para peserta didik kelas XII yang akan melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi dapat mengetahui dengan tepat perguruan tinggi mana yang akan mereka masuki.


Rabu, 14 November 2019, sekolah melaksanakan program studi kampus yang diikuti oleh 180 siswa kelas XII melakukan kunjungan ke beberapa perguruan tinggi yang ada di Surabaya. Di antaranya, Akademi Angkatan Laut (AAL), dan Universitas Pembangunan Nasional (UPN). Kunjungan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk mengenalkan dan memberikan wawasan akademik serta pengetahuan tentang perguruan tinggi kepada para peserta didik, sehingga mereka tidak lagi bimbang dalam menentukan pilihan. Pada kunjungan tersebut, peserta didik juga dapat menggali informasi sebanyak-banyaknya untuk mempersiapkan langkah mereka dalam melanjutkan pendidikannya ke jenjang perkuliahan. 


Kunjungan pertama dengan didampingi para wali kelas dan guru, seluruh peserta didik kelas XII menuju ke Akademi Angkatan Laut (AAL). Pada kunjungan ini, yang dikomandani oleh Bapak Suhendra selaku ketua museum, para peserta didik mendapatkan penjelaskan tentang syarat dan prosedur untuk mengikuti seleksi masuk ke Akademi Angkatan Laut. Selain itu, para peserta didik juga mendapatkan wawasan akademik tentang perbintangan dan pengenalan jenis senjata. Di akhir kegiatan beliau berpesan, untuk meraih apa yang kita inginkan, harus dengan kerja keras dan tekun belajar.



Sementara itu, pada kunjungan yang kedua di Universitas Pembangunan Nasional Kepala Akademik yang menjadi fasilitator dalam acara tersebut menyampaikan materi tentang fakultas, jumlah prodi, fasilitas, dan prosedur penerimaan mahasiswa baru khususnya  di perguruan tinggi tersebut. Setelah penyampaian materi oleh Kepala Akademik, dilanjut sesi tanya jawab dengan para guru dan peserta didik.


Dengan serangkaian kegiatan yang dilaksanakan pada studi kampus ini, diharapkan mampu meminimalisir ketidaktahuan peserta didik khususnya kelas XII tentang perguruan tinggi. Sehingga, mereka tidak lagi mengalami keraguan dan dapat menentukan pilihan yang tepat serta bermanfaat untuk masa depan mereka. (elf)