Kenalkan Sejarah Muhammadiyah, SMAMGA kunjungan ke Yogyakata

17-19 Oktober 2019, kelas X SMA Muhammadiyah 3 Surabaya melaksanakan Kunjungan Tengah Semester (KTS)  ke Yogyakarta. Momen yang menggembirakan bagi siswa terlihat dari antusias mereka  satu persatu memasuki bus. Hari pertama kami mulai dengan mengunjungi ke Kauman, Napak tilas Muhammadiyah. Tujuan ke dua di Kraton, dilanjut berkunjung ke Malioboro. Pada hari kedua, berkunjung ke Gunung Kidul yaitu Pantai Kukup dan Goa Pindul. Tak lupa ke pusat oleh-oleh Yogyakarta.


 

Sekitar pukul 07.00 WIB rombongan telah sampai di Kauman, Yogyakarta. Agenda yang pertama ini sudah mampu menarik perhatian siswa yaitu napak tilas perjuangan Muhammadiyah. Sebelumnya, siswa kelas X nonton bersama film Sang Pencerah. Agar ketika di kampung Kauman Siswa faham akan sejarah Muhammadiyah. Para siswa diperkenalkan pusat perjuangan  KH Ahmad Dahlan dalam menyebarkan dakwah Islam dan sebagai saksi tempat berdirinya organisasi Muhammadiyah. Tour guide pun membantu menjelaskan satu persatu tempat bersejarah di Kauman. Salah satunya Masjid Kidul sebagai pusat perkembangan Muhammadiyah pada saat itu. Sungguh besar perjuangan KH Ahmad Dahlan dalam mendirikan Muhammadiyah yang sampai saat ini perjuangannya akan dilanjutkan oleh kader Muhammadiyah dengan berbagai tantangan sesuai zamannya. Ciri khas dari gerakan Muhammadiyah ialah dakwah sosial, amal makruf nahi mungkar.


 

Tujuan dilanjutkan dengan berkunjung ke kraton Yogyakarta. ketika memasuki komplek kraton pengunjung akan disambut bangunan gladhag Pangurukan, yaitu gerbang utama semacam benteng pertahanan untuk bisa masuk ke dalam kraton. Setelah melewati bangunan tersebut, pengunjung akan memasuki bangunan utama bernama Bangsal Pangelaran atau bernama lain Tragtat Rambat. Dahulu, tempat ini merupakan tempat bertemunya abdi kraton ketika ingin bertemu menghadap sultan. Namun, sekarang tempat ini difungsikan untuk kegiatan atau event-event pariwisata yang berkaitan dengan kesultanan Yogyakarta.


 

Dilanjut sholat jumat di Masjid Gede Kauman, Masjid yang bersejarah bagi Muhammadiyah. Sore hari pun tiba, rombongan SMAMGA tiba di hotel untuk istirahat sejenak. Setelah itu, waktunya menikmati indahnya malam di kota Yogyakarta yang ramai tapi sangat menyenangkan.



Pagi hari di hari kedua, rombongan SMAMGA berkunjung ke pantai kukup dan Goa Pindul. Kedua objek wisata berada di gunung kidul. Fenomena alam yang sangat luarbiasa indahnya. Pantai Kukup terlihat cerah, ombak yang besar menjadikan penjungun enggan meninggalkan tempat wisata. Selanjutnya berkunjung ke Gou Pindul, penjunjung disajikan pula dengan alam yang indah menelusuri Goa Pindul. Yogyakarta sangat layak dikunjungi kembali, Yogya tetap istimewa sampai selamanya.