JUARA UMUM KEJURNAS DAYUNG ANTAR PPLP

Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dayung antar PPLP, PPLPD, dan SKO tahun 2019 yang digelar sejak 24-28 Juli lalu di danau Sipin Kota Jambi Provinsi Jambi, membuahkan hasil yang cukup gemilang bagi siswa kebanggan smamga dan Provinsi Jawa Timur pada umumnya, karena siswa tersebut tergabung dalam Tim Dayung Rowing Jawa Timur di Bawah Naugan PPLP (Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar)

Tim dayung Pusat Pendidikan dan Latihan Pelajar (PPLP) Jatim keluar sebagai juara umum dengan merebut 3 emas 1 perak dan 1 perunggu. Adapun siswa berprestasi yang diwakili oleh SMA Muhammadiyah 3 Surabaya adalah Yusni Ahmad Mustofa, pelajar kelas XII IPA 3 ini berhasil meraih juara I kategori Men Double Scull pada ajang perlombaan tersebut.

Rini Ristianah selaku pelatih Dayung PPLP Jatim menjelaskan bahwa di event kejurnas dayung ini, PPLP Jatim tidak mematok target apalagi juara umum. Alasannya, karena PPLP dayung Jatim belum genap 6 bulan dan di event ini hanya mengirimkan 4 atlet, yaitu 2 putra dan 2 putri yaitu 1. Victor Diva Yos Sudarso, 2. Yusni Ahmad Mustofa, 3. Feby Viena Sari, dan 4. Zhaynatus Shadiyah dan 2 pelatih yaitu Pelatih Rini Ristiana, Iswandi  assisten pelatih Onny Soentoro.

Kami sangat bersyukur atas prestasi yang di raih atlet-atlet dayung PPLP Jatim dengan perjuangan keras dengan modal mencari pengalaman dan menambah jam terbang atas ijin Allah, kami berhasil menjadi juara umum dan prestasi yang tidak terduga di event kejurnas yang pesertanya sudah kenyang prestasi, pungkas Rini yang juga ASN Dispora Jatim.

Dirinya berharap semoga ini menjadi motivasi bagi para pelajar lainnya di Jawa Timur yang ingin menekuni olahraga dayung. 

Sementara itu dikatakan Sekretaris PB Persatuan Olahraga Dayung Indonesia (PODSI) Brata Hardjosubroto bahwa kejuaraan ini menghadirkan atlet dayung dari seluruh Indonesia. Setidaknya ada sekitar 163 atlet dayung yang ikut bertarung dari seluruh kontingen yang ada di Indonesia. (cl)