Tim Robotika Smamga Sabet Juara 2 Piala ME-Award 2018

Tim Robotik SMA Muhammadiyah 3 (Smamga) Surabaya kembali menorehkan prestasinya di ajang Muhammadiyah Education Award (MEA). Jika tahun lalu berada di posisi harapan IV, tim beranggotakan Shoffiah Machdia dan M Farhan Firmansyah ini berhasil meraih juara dua dalam MEA yang dihelat di Universitas Muhammadiyah Malang, pada 8 Agustus 2018 lalu.

Ketua tim Robotik Shoffiah mengungkapkan, keberhasilan timnya dalam meraih juara ini tak lain karena robot line tracer micro kategori maze-solving mampu merebut garis finish dengan waktu tercepat. Selain itu, robot ini juga mampu menyelesaikan cek poin dengan sempurna.

“Dalam lomba Robotik ini ada dua ronde. Keduanya, memiliki cek poin yang berbeda. Ronde pertama kita mampu mencatat waktu 8,36 detik. Ronde ke dua 9.61 detik,” jelasnya saat ditemui di SMA Muhammadiyah 3 Surabaya pada Selasa, 14 Agustus 2018.

"Selain faktor waktu ada dua faktor lagi, finish dan cek poin. Nah kebetulan robot kita mengambil semua cek poin," tambahnya.

Meski begitu, Shoffifah mengaku ada berbagai kesulitan yang ia hadapai dalam hal pembuatan robot dan pengoperasiannya. Mulai dari lintasan, sensor, hingga program di robot-nya.

"Robot ini labil, kadang bisa kadang enggak. Kadang gak sesuai dengan program," ucap siswi kelas XII IPA ini.

Dalam ajang ini, ia menggunakan robot lama yang pernah digunakan pada ajang yang sama tahun lalu. Hanya saja, beberapa pergantian komponen robot ditambahkan. “Seperti ganti sensor, IC Driver, dan motor penggerak atau dinamo,” ujarnya.

Agar tahun selanjutnya mendapatkan hasil maksimal, kedepannya ia berharap supaya robot ini diperbarui dari segi sensor, dinamo, dan programnya. 

"Komponen yang lama perlu diperbarui, rangkaian ‘otak’ robot bisa diganti dengan tipe yang lebih banyak fitur. Selain itu program di robot juga bisa ditambahkan fitur. Dan semoga tahun depan bisa juara satu," pungkasnya. (amm)