SMA Muhammadiyah 3 Surabaya Bekali Lulusan dengan Baca-Tulis Alquran

SMA Muhammadiyah 3 (Smamga) Gadung Surabaya meluluskan 206 siswanya dengan bekal kemampuan baca tulis Alquran.

Nilai-nilai moral dan keagamaan kental diajarkan di sekolah ini sejak kelas X, hal ini juga dirasakan Astrid Nadya (18), siswa berprestasi dari jurusan IPS.

Menurutnya, ia bisa lebih mengerti pendidikan agama walaupun tidak mendapat pendidikan khusus keagamaan di rumah.

Dirinya bahkan mengaku kerap mendapat motivasi dalam islam yang berkaitan dengan tren yang sedang terjadi di masyarakat.

“Bersyukur sekali, meskipun awalnya ingin sekolah negeri. Tapi sekarang bisa berprestasi juga di sekolah ini,”ungkap siswa yang meraih peringkat satu sejak kelas XI ini usai mengikuti prosesi Wisuda di Balai Diklat Keagamaan Surabaya, Kamis (10/5/2018).

Kepala Smamga, Erlina wulandari, mengungkapkan 206 lulusan tahun ini telah memiliki bekal untuk terjun ke masyarakat. Mereka memiliki dasar keagamaan untuk membaur di masyarakat.

“Di sekolah ada BTQ (Baca Tulis Alquran), jadi sejak kelas X kami kelompokkan kemampuan dalam baca tulis Alqurannya dan dikembangkan,” imbuh Erlina.

Pembinaan keagamaan, lanjutnya, sangat di tekankan di sekolahnya agar bisa memiliki benteng untuk diri sendiri. Karena era globalisasi saat ini banyak paham dari luar negeri yng mungkin diadaptasi siswa.

“Prestasi itu oke, tapi berakhlak mulia itu wajib karena anak akan lebih amanah. Apalagi di era global ini, ketrampilan juga sangat penting,” lanjutnya.

Untuk melatih ketrampilan lulusan, siswa diajak bergabung ke berbagai ekskul teknologi dan sains. Selain itu rencannya tahun depan akan dilakukan penambahan muatan lokal bahasa Mandarin sebagai kecakapan siswa.

“Prestasi lulusan kami tahun ini sangat membanggakan. Ada 19 anak sudah masuk SNMPTN, 5 anak masuk SPAN PTKIN, dn 1 anak masuk akademi maritim. Jumlahnya meningkat 100 persen dibandigkan tahun lalu,” ungkapnya.